Tugas MID Kecakapan Antar Personal_TIK3052C_Kelompok 8

 LAPORAN HASIL SURVEY KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP UNIVERSITAS SAM RATULANGI

KELAS KECAKAPAN ANTAR PERSONAL-TIK3052_C

KELOMPOK 8 :

KENNETH BENEDICT LIENSO LAORENS 220211060091

CHRISTIAN MARCHELINO JOSHUA SOMBA 220211060066









DOSEN PENGAMPU : 

YAULIE DEO Y RINDENGAN ST, M.Sc, MM

PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA

JURUSAN ELEKTRO

FAKULTAS TEKNIK

UNIVERSITAS SAM RATULANGI

MANADO

2024

  1. Pendahuluan

Dalam upaya meningkatkan kualitas layanan pendidikan dan pengalaman mahasiswa, evaluasi secara periodik terhadap kepuasan mahasiswa menjadi sebuah keharusan bagi setiap perguruan tinggi. Universitas Sam Ratulangi (Unsrat), sebagai lembaga pendidikan tinggi yang berkomitmen pada pelayanan terbaik bagi mahasiswanya, secara rutin melakukan survei kepuasan mahasiswa. Survei ini bertujuan untuk memahami persepsi, kebutuhan, serta tingkat kepuasan mahasiswa terhadap berbagai aspek yang berkaitan dengan pengalaman belajar dan kehidupan kampus.

Dalam konteks tersebut, laporan ini disusun untuk menyajikan hasil survei kepuasan mahasiswa terhadap Universitas Sam Ratulangi (Unsrat). Melalui pengumpulan data dari kuisioner yang disebarkan kepada mahasiswa, kami menganalisis berbagai aspek mulai dari proses pendaftaran hingga kualitas pengajaran, sarana dan prasarana, layanan pendukung, serta berbagai aspek lainnya yang mempengaruhi pengalaman belajar dan kehidupan mahasiswa di Unsrat.


  1. Maksud dan Tujuan

Survei kepuasaan ini bertujuan untuk untuk mengetahui tingkat kepuasan mahasiswa terhadap layanan yang diberikan oleh pihak Universitas Sam Ratulangi dalam berbagai aspek guna untuk meningkatkan kualitas layanan kepada mahasiswa. 

  1. Sasaran

Sasaran survei kepuasaan mahasiswa terhadap universitas Sam Ratulangi adalah mahasiswa aktif di lingkungan universitas dengan minimal 10 responden dari fakultas non-teknik dari berbagai angkatan.


  1. Waktu dan Tempat

  1. Waktu survei dilakukan mulai dari tanggal 8 Maret - 13 Maret 2024.

  2. Tempat survei berada di lingkungan universitas.


  1. Metode Survei

Metode yang digunakan dalam survei ini adalah Google Form dan hasil survei dihitung dalam bentuk persentase pada. Nilai persentase tersebut diasumsikan sebagai tingkat kepuasaan mahasiswa terhadap suatu aspek.










  1. Hasil Survei Kepuasan Mahasiswa

  • Profil Responden

Berikut profil mahasiswa yang menjadi responden. Profil berisi asal fakultas dan angkatan dari responden.

Diagram jawaban Formulir. Judul pertanyaan: Fakultas. Jumlah jawaban: 11 jawaban.

Forms response chart. Question title: Angkatan. Number of responses: 11 responses.




  • Hasil Survei

Hasil Survei kepuasan mahasiswa terhadap Universitas Sam Ratulangi ialah sebagai berikut :

Diagram jawaban Formulir. Judul pertanyaan: 1.  Seberapa puas anda dengan proses pendaftaran dan seleksi masuk pada Universitas Sam Ratulangi?. Jumlah jawaban: 11 jawaban.

Diagram jawaban Formulir. Judul pertanyaan: 2. Seberapa puas anda dengan proses administrasi yang ada?. Jumlah jawaban: 11 jawaban.Diagram jawaban Formulir. Judul pertanyaan: 3.  Seberapa puas Anda dengan ketersediaan dan kualitas alat bantu kuliah seperti LCD dan TV?. Jumlah jawaban: 11 jawaban.


Diagram jawaban Formulir. Judul pertanyaan: 4.  Seberapa puas Anda dengan kebersihan dan kualitas toilet yang tersedia di sekitar universitas?. Jumlah jawaban: 11 jawaban.Diagram jawaban Formulir. Judul pertanyaan: 5.   Seberapa puas Anda dengan ketersediaan sarana dan fasilitas belajar, seperti ruang kelas, lab, perpustakaan, dll?. Jumlah jawaban: 11 jawaban.

Diagram jawaban Formulir. Judul pertanyaan: 6.  Seberapa puas Anda dengan kenyamanan belajar di ruang kelas yang disediakan universitas?. Jumlah jawaban: 11 jawaban.

Diagram jawaban Formulir. Judul pertanyaan: 7.  Seberapa puas Anda dengan ketersediaan sarana dan fasilitas penunjang, seperti wifi, kantin, tempat beribadah, lapangan, dll?. Jumlah jawaban: 11 jawaban.

Diagram jawaban Formulir. Judul pertanyaan: 8.  Seberapa puas Anda dengan kualitas bimbingan akademik yang ada?. Jumlah jawaban: 11 jawaban.

Diagram jawaban Formulir. Judul pertanyaan: 9.  Seberapa puas Anda dengan kualitas dan variasi organisasi mahasiswa dan kegiatan ekstrakurikuler yang ditawarkan?. Jumlah jawaban: 11 jawaban.

Diagram jawaban Formulir. Judul pertanyaan: 10.  Seberapa puas Anda dengan kualitas dan variasi kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat yang diselenggarakan dan didukung oleh universitas ini?. Jumlah jawaban: 11 jawaban.

Diagram jawaban Formulir. Judul pertanyaan: 11.  Seberapa puas Anda dengan kualitas mengajar yang diberikan dosen?. Jumlah jawaban: 11 jawaban.




Diagram jawaban Formulir. Judul pertanyaan: 12.  Seberapa puas Anda dengan kualitas website Inspire?. Jumlah jawaban: 11 jawaban.

Diagram jawaban Formulir. Judul pertanyaan: 13.  Seberapa puas Anda dengan kualitas dan ketersediaan informasi dan komunikasi yang disampaikan oleh universitas ini melalui website resmi, media sosial, dll?. Jumlah jawaban: 11 jawaban.

Diagram jawaban Formulir. Judul pertanyaan: 14.  Seberapa puas Anda dengan keamanan di daerah sekitar Universitas?. Jumlah jawaban: 11 jawaban.Diagram jawaban Formulir. Judul pertanyaan: 15.  Seberapa puas Anda dengan layanan kesehatan dan konseling yang disediakan?. Jumlah jawaban: 11 jawaban.Diagram jawaban Formulir. Judul pertanyaan: 16.  Seberapa puas Anda dengan beasiswa dan tunjangan lainnya yang ditawarkan universitas ini?. Jumlah jawaban: 11 jawaban.Diagram jawaban Formulir. Judul pertanyaan: 17.  Seberapa puas Anda dengan proses ujian akhir ataupun skripsi/tesis?. Jumlah jawaban: 11 jawaban.Diagram jawaban Formulir. Judul pertanyaan: 18.  Seberapa puas Anda dengan layanan bantuan karir dan informasi lowongan kerja yang disediakan oleh universitas ini?. Jumlah jawaban: 11 jawaban.Diagram jawaban Formulir. Judul pertanyaan: 19.  Seberapa puas anda terkait layanan yang diberikan oleh staf yang ada di lingkungan universitas?
. Jumlah jawaban: 11 jawaban.Diagram jawaban Formulir. Judul pertanyaan: 20.  Seberapa puas anda terkait manfaat situs E-learning yang bertujuan untuk memudahkan pembelajaran?. Jumlah jawaban: 11 jawaban.Diagram jawaban Formulir. Judul pertanyaan: 21.  Seberapa puas anda terkait layanan yang diberikan oleh staf yang ada di lingkungan universitas, termasuk layanan yang diberikan dalam menggunakan situs E-learning yang bertujuan untuk memudahkan pembelajaran?. Jumlah jawaban: 11 jawaban.Diagram jawaban Formulir. Judul pertanyaan: 22.  Seberapa puas anda terkait manfaat situs E-learning yang bertujuan untuk memudahkan pembelajaran?. Jumlah jawaban: 11 jawaban.Diagram jawaban Formulir. Judul pertanyaan: 23.  Seberapa puas Anda dengan program mentoring atau tutoring yang disediakan oleh universitas ini?. Jumlah jawaban: 11 jawaban.Diagram jawaban Formulir. Judul pertanyaan: 24.  Seberapa puas Anda dengan pengalaman interaksi dan kolaborasi antara mahasiswa dari berbagai program studi di universitas ini?. Jumlah jawaban: 11 jawaban.Diagram jawaban Formulir. Judul pertanyaan: 25.  Seberapa puas Anda dengan responsifnya universitas dalam menanggapi masalah atau keluhan yang diajukan oleh mahasiswa?. Jumlah jawaban: 11 jawaban.Diagram jawaban Formulir. Judul pertanyaan: 26.  Seberapa puas Anda dengan program-program pengembangan kepemimpinan yang ditawarkan oleh universitas?. Jumlah jawaban: 11 jawaban.Diagram jawaban Formulir. Judul pertanyaan: 27. Seberapa puas anda dengan lingkungan mahasiswa di universitas ini?. Jumlah jawaban: 11 jawaban.Diagram jawaban Formulir. Judul pertanyaan: 28.  Seberapa puas Anda dengan ketersediaan dan aksesibilitas ruang diskusi atau forum akademik di kampus?. Jumlah jawaban: 11 jawaban.Diagram jawaban Formulir. Judul pertanyaan: 29.  Seberapa puas Anda dengan dukungan yang diberikan universitas dalam hal pengembangan keterampilan non-akademik, seperti kepemimpinan dan komunikasi?. Jumlah jawaban: 11 jawaban.Diagram jawaban Formulir. Judul pertanyaan: 30.  Seberapa puas Anda dengan kesempatan untuk menghadiri seminar, lokakarya, atau konferensi yang diselenggarakan oleh universitas?. Jumlah jawaban: 11 jawaban.





  1. Kesimpulan

Berdasarkan hasil survey yang sudah didapatkan, sebagian responden merasa puas dengan kualitas tenaga kerja dan kegiatan serta lingkungan belajar yang ditawarkan universitas, seperti bimbingan akademik, kegiatan pengabdian dan penelitian, kualitas mengajar, interaksi antar mahasiswa, dan program kepemimpinan. Akan tetapi, sebagian besar responden juga merasa tidak puas dalam berbagai aspek sarana dan fasilitas yang diberikan universitas khususnya fasilitas toilet, alat bantu kuliah seperti tv dan lcd, beasiswa dan tunjangan, serta kualitas website. Oleh karena itu, diperlukan peningkatan dalam aspek sarana dan fasilitas kampus baik dalam segi kualitas maupun kuantitas untuk memaksimalkan kenyamanan dan pengalaman mahasiswa dalam lingkungan universitas.

































  1. Dokumentasi


Comments

Popular posts from this blog

Tugas Kecakapan Antar Personal Mencari Video dan Artikel

Tugas 1 Kecakapan antar Personal