Tugas MID Kecakapan Antar Personal_TIK3052C_Kelompok 8
LAPORAN HASIL SURVEY KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP UNIVERSITAS SAM RATULANGI
KELAS KECAKAPAN ANTAR PERSONAL-TIK3052_C
KELOMPOK 8 :
KENNETH BENEDICT LIENSO LAORENS 220211060091
CHRISTIAN MARCHELINO JOSHUA SOMBA 220211060066
DOSEN PENGAMPU :
YAULIE DEO Y RINDENGAN ST, M.Sc, MM
PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA
JURUSAN ELEKTRO
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS SAM RATULANGI
MANADO
2024
Pendahuluan
Dalam upaya meningkatkan kualitas layanan pendidikan dan pengalaman mahasiswa, evaluasi secara periodik terhadap kepuasan mahasiswa menjadi sebuah keharusan bagi setiap perguruan tinggi. Universitas Sam Ratulangi (Unsrat), sebagai lembaga pendidikan tinggi yang berkomitmen pada pelayanan terbaik bagi mahasiswanya, secara rutin melakukan survei kepuasan mahasiswa. Survei ini bertujuan untuk memahami persepsi, kebutuhan, serta tingkat kepuasan mahasiswa terhadap berbagai aspek yang berkaitan dengan pengalaman belajar dan kehidupan kampus.
Dalam konteks tersebut, laporan ini disusun untuk menyajikan hasil survei kepuasan mahasiswa terhadap Universitas Sam Ratulangi (Unsrat). Melalui pengumpulan data dari kuisioner yang disebarkan kepada mahasiswa, kami menganalisis berbagai aspek mulai dari proses pendaftaran hingga kualitas pengajaran, sarana dan prasarana, layanan pendukung, serta berbagai aspek lainnya yang mempengaruhi pengalaman belajar dan kehidupan mahasiswa di Unsrat.
Maksud dan Tujuan
Survei kepuasaan ini bertujuan untuk untuk mengetahui tingkat kepuasan mahasiswa terhadap layanan yang diberikan oleh pihak Universitas Sam Ratulangi dalam berbagai aspek guna untuk meningkatkan kualitas layanan kepada mahasiswa.
Sasaran
Sasaran survei kepuasaan mahasiswa terhadap universitas Sam Ratulangi adalah mahasiswa aktif di lingkungan universitas dengan minimal 10 responden dari fakultas non-teknik dari berbagai angkatan.
Waktu dan Tempat
Waktu survei dilakukan mulai dari tanggal 8 Maret - 13 Maret 2024.
Tempat survei berada di lingkungan universitas.
Metode Survei
Metode yang digunakan dalam survei ini adalah Google Form dan hasil survei dihitung dalam bentuk persentase pada. Nilai persentase tersebut diasumsikan sebagai tingkat kepuasaan mahasiswa terhadap suatu aspek.
Hasil Survei Kepuasan Mahasiswa
Profil Responden
Berikut profil mahasiswa yang menjadi responden. Profil berisi asal fakultas dan angkatan dari responden.
Hasil Survei
Hasil Survei kepuasan mahasiswa terhadap Universitas Sam Ratulangi ialah sebagai berikut :
Kesimpulan
Berdasarkan hasil survey yang sudah didapatkan, sebagian responden merasa puas dengan kualitas tenaga kerja dan kegiatan serta lingkungan belajar yang ditawarkan universitas, seperti bimbingan akademik, kegiatan pengabdian dan penelitian, kualitas mengajar, interaksi antar mahasiswa, dan program kepemimpinan. Akan tetapi, sebagian besar responden juga merasa tidak puas dalam berbagai aspek sarana dan fasilitas yang diberikan universitas khususnya fasilitas toilet, alat bantu kuliah seperti tv dan lcd, beasiswa dan tunjangan, serta kualitas website. Oleh karena itu, diperlukan peningkatan dalam aspek sarana dan fasilitas kampus baik dalam segi kualitas maupun kuantitas untuk memaksimalkan kenyamanan dan pengalaman mahasiswa dalam lingkungan universitas.
Dokumentasi
Comments
Post a Comment